SMAN 1 Sooko Mengadakan Tes Bakat Skolastik untuk Seluruh Siswa Kelas XII

Mojokerto – SMAN 1 Sooko mengadakan Test Bakat Skolastik (TBS) pada hari Senin sampai dengan rabu tanggal 01-03 Oktober 2018  kepada seluruh siswa kelas XII. Tes Bakat Skolastik adalah sebuah tes  yang bertujuan untuk mengetahui bakat dan kemampuan seseorang dan mencerminkan IQ seseorang.

Menurut Wakasek kurikulum Mujib, M.Pd tes bakat skolastik ini dilaksanakan selama 3 hari dan hanya menggunakan sesi 1 yaitu jam 08.00 wib sd 10.00 wib, setelah itu siswa kembali ke kelas untuk mengikuti pelajaran berikutnya, pengaturan jadwal ini agar tidak mengganggu kegiatan belajar mengajar siswa kelas XII.

Intan  dari XII MIPA 6 bersyukur telah melewati tes TBS, “ini merupakan pengalaman pertama saya mengikuti tes TBS dan Tes ini sangat berguna karena untuk mengukur kemampuan diri dan bakatnya sehingga nanti pada saat masuk ke perguruan tinggi, hasil tes TBS ini akan menjadi salah satu penentuan pilihan jurusan yang akan dipilih ujarnya.

Menurut Kepala SMAN 1 Sooko, Drs. Nurhidayat, M.M.Pd, tes ini dapat mencerminkan tingkat kecerdasan intelektual (IQ) seseorang dan dapat dijadikan salah satu standar ujian masuk perguruan tinggi maupun tes penyaringan untuk keperluan lainnya.

“TBS merupakan tes untuk memprediksi kemampuan seseorang jika diberikan kesempatan untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi atau pada situasi baru. TBS terdiri dari tiga subtes, yaitu  verbal, kuantitatif, dan penalaran,” ujar Nurhidayat

Lebih jauh dijelaskannya, TBS mempunyai korelasi yang tinggi dengan prestasi belajar seseorang. Siswa dengan nilai TBS tinggi mempunyai prestasi belajar yang baik. Penggunaan tes prestasi dan TBS secara bersamaan akan memberikan gambaran kemampuan siswa yang lebih lengkap. (WEB/IM)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.